1.Diskripsi singkat PT. Sido Muncul
v
Apa itu pt. sidomuncul?
Sido muncul adalah perusahaan jamu herbal yang
telah berdiri sejak tahun 1951, yang kini merupakan perusahaan herbal bertaraf
modern yang selalu berupaya untuk memberikan produk-produk terbaik dan
menyehatkan bagi seluruh konsumennya, dengan tetap menggunakan bahan-bahan
alamiah yang berkualitas tinggi dan segar.
SidoMuncul juga mengembangkan penelitian, ilmu
pengetahuan, dan teknologi dalam menjalankan proses-proses produksi untuk
setiap produk yang akan dijual, dan terus menciptakan inovasi berupa
temuan-temuan baru yang berkhasiat tinggi bagi seluruh kalangan masyarakat.
v
Visi dari pt. Sido Muncul
Menjadi industri jamu yang dapat memberikan
manfaat bagi masyarakat dan lingkungan
v
Misi dari pt. sido muncul
1.
Meningkatkan mutu pelayanan di bidang herbal
tradisional
2.
Mengembangkan research / penelitian yang
berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami.
3.
Meningkatkan kesadaran masyarakat akan
pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan
alami dan pengobatan secara tradisional.
4.
Ikut mendorong pemerintah / instansi resmi agar
lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.
v
Sejarah pt.SidoMuncul
PT. SidoMuncul bermula dari sebuah industri
rumah tangga pada tahun 1940, dikelola oleh Ibu Rahkmat Sulistio di Yogyakarta,
dan dibantu oleh tiga orang karyawan. Karena banyaknya permintaan terhadap
kemasan jamu yang lebih praktis, mendorong beliau memproduksi jamu dalam bentuk
yang praktis (serbuk), seiring dengan kepindahan beliau ke Semarang , maka pada
tahun 1951 didirikan perusahan sederhana dengan nama SidoMuncul yang berarti
"Impian yang terwujud" dengan lokasi di Jl. Mlaten Trenggulun. Dengan
produk pertama dan menjadi andalan, Jamu Tolak Angin, produk jamu buatan Ibu
Rakhmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat sekitar dan permintaannyapun
selalu meningkat.
Dalam perkembangannya, pabrik yang terletak di
Jl. Mlaten Trenggulun ternyata tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi
yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat, dan di tahun 1984
pabrik dipindahkan ke Lingkungan Industri Kecil di Jl. Kaligawe, Semarang dan memulai
melakukan modernisasi pabrik. Pada tanggal 11 November 2000, PT Sido
Muncul meresmikan pabrik baru di Ungaran
yang lebih luas dan modern dengan melengkapi mesin-mesin modern, demikian pula
jumlah karyawannya ditambah sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan ( kini
jumlahnya mencapai lebih dari 2000 orang ). serta memperoleh penghargaan dari
Menteri Kesehatan sebagai Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dan
Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) setara dengan farmasi, dan sertifikat
inilah yang menjadikan PT. Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu
berstandar farmasi. Lalu pada tanggal 10 Pebruari 2010 acara peletakan batu
pertama pembangunan pabrik bahan baku herbal seluas 3.000 m2.
v
Tujuan organisasi nya
Organisasi yang diterapkan adalah organisasi
laba,yang berarti suatu organisasi yang salah satu tujuannya adalah mendapatkan
laba dalam kegiatannya atau produksinya.
PT. Sido Muncul untuk mengejar kesuksesannya
berupaya agar produk yang dibuat terus laku di pasaran dengan selalu melakukan inovasi dalam
berproduksi dan tetap berkualitas tinggi sehingga produk yang dijual akan terus
mendatangkan keuntungan.
v
Lain-lain
Mengenai logo yang menjadi simbol PT. Sido
Muncul berupa gambar seorang ibu dengan satu orang anak adalah gambar dari Ny.
Rahkmat Sulistio dan Bapak Irwan Hidayat. Ny. Rakhmat Sulistio merupakan
pendiri Jamu Sido Muncul, sedangkan Irwan Hidayat adalah cucu dari Ny Rakhmat
Sulistio yang pada saat itu baru berusia 4 tahun.
2.Efisiensi dan efektifitas
PT. Sido Muncul
| Proses
produksi
Proses
produksi jamu di PT. Sido Muncul ini yang pertama adalah penerimaan bahan baku,
bahan baku yang datang segera dicek QC (Quality Control), setelah terbukti
memenuhi standar penerimaan dan standar penggunaan kemudian bahan baku
dimasukkan ke dalam gudang penyimpanan bahan baku. Bahan baku yang akan dipakai
diambil dari gudang penyimpanan bahan baku kemudian disortasi, setelah
disortasi kemudian bahan baku dicuci, dikeringkan, digiling, baru kemudian
dicampur (mixing).
Dalam proses
pencampuran bahan ini kami tidak diperkenankan untuk melihatnya karena
merupakan rahasia perusahaan. Sesudah proses pencampuran selesai kemudian
hasilnya dialirkan melalui pipa-pipa untuk dilakukan proses pengemasan primer
(packaging primer) menggunakan mesin dua line dan delapan line. Kemudian masuk
ke proses pengemasan sekunder (packaging sekunder), disini produk yang sudah
jadi dicek kembali dengan cara uji sampel. Setelah selesai proses pengemasan
sekunder kemudian produk siap untuk didistribusikan.
| HASIL PRODUKSI
Ø Tipe
serbuk : Kuku Bima, Kuku Bima Ginseng, Kuku Bima TL, Kuku Bima Plus Ttribulus.
Ø Tipe
saset : Tolak Angin, Tolak Angin Ekstra Hangat
Ø Tipe
saset hisap : Tolak angin Permen
Ø Tipe
Fls : Tolak angin Anak, Tolak Angin Flu
Ø Tipe
Botol : Kuku Bima Ener-G
|
Sistem efisiensi yang
dilakukan
Dengan menggunakan system padat modal dan juga
padat karya Sido Muncul cenderung mempunyai pengeluaran yang banyak terutama
beban gaji dan juga perbaikan mesin.
Performance yang didapatkan
Produk yang dihasilkan lebih banyak sehingga
dapat menutupi semua pengeluaran serta memperoleh laba yang besar dan Perusahaan
Sido Muncul menghasilkan produk higienis dan ber mutu baik yang telah di kenal
oleh masyarakat sejak saat 2002.
|
System efektifitas yang
dilakukan
Walau mempunyai pengeluaran yang besar tapi
hasil produk yang dikeluarkan akan memperoleh laba yang tinggi per hari
nya,karena produk yang dihasilkan juga berjumlah sangat banyak melebihi
perusahaan jamu lainnya sehingga keberlangsungan usahanya tidak mengalami
kemunduran dan past na ikut serta dalam mengurangi pengangguran di Indonesia.
|
System ekonomis yang
dilakukan
Laba yang dihasilkan akan menjadi lebih banyak
karena bahan baku yang digunakan ber bahan alami sehingga tidak memerlukan
modal yang besar. Dengan selalu menggunakan bahan dari alam yang berkualitas
tinggi dan juga melakukan proses penanaman kembali,Sido Muncul ikut serta dalam
membudidayakan konservasi di Indonesia.
3.
Fungsi manajemen yang dilakukan
·
Fungsi planning
Perencanaan jangka panjang
“fokus pada obat alam, ekspansi keluar pasar Indonesia, pengembangan brand produk-produk sesuai kebutuhan pasar ,dengan memperkuat pasar dalam negeri, meningkatkan kapasitas pabrik, Brand Product (Kuku Bima Energi, Tolak Angin, Jamu Komplit) dan lain nya dan dapat terus melakukan inovasi dalam berproduksi yang akan terus laris di pasar nasional maupun internasional.
“fokus pada obat alam, ekspansi keluar pasar Indonesia, pengembangan brand produk-produk sesuai kebutuhan pasar ,dengan memperkuat pasar dalam negeri, meningkatkan kapasitas pabrik, Brand Product (Kuku Bima Energi, Tolak Angin, Jamu Komplit) dan lain nya dan dapat terus melakukan inovasi dalam berproduksi yang akan terus laris di pasar nasional maupun internasional.
PT. Sido Muncul,juga memplanningkan pembuatan
pabrik baru yang ditarget kan pada akhir
tahun 2014.
Dikarenakan untuk menunjang produksi yang
semakin besar.
PT.Sido
Muncul bekerja sama dengan Developer PT. Sakti Berkembang untuk membangun
pabrik baru di daerah Semarang, Jawa Tengah, dengan melakukan pembelian tanah
lalu akan dilakukan pembangun Perusahaan oleh Developer PT. Sakti Berkembang
·
Fungsi organising
Fungsi yang digunakan adalah fungsi organisasi
laba karena di setiap produksi nya PT. Sido Muncul berusaha untuk memperoleh
keuntungan maksimum dengan biaya minimum untuk keberlangsungan usaha PT. Sido
Muncul
·
Fungsi actuating
Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh PT.
SidoMuncul untuk melakukan transformasi dari perusahaan lokal menjadi nasional
dan International adalah :
1.
PT.
SidoMuncul melakukan scan perubahan lingkungan dengan baik dan menyadari bahwa
masyarakat Indonesia membutuhkan obat-obatan dan suplemen tradisional.
2.
PT.
SidoMuncul juga mampu melihat dan mengantisipasi perkembangan pasar dengan
melakukan perluasan kapasitas produksi untuk mengantisipasi permintaan produk
yang semakin meningkat.
3.
PT.
SidoMuncul selalu inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan dalam dan luar
negeri.
4.
PT.
SidoMuncul selalu melakukan kegiatan aktivasi komunikasi produknya kepada
masyarakat Indonesia dengan konsisten dan selalu menggali keunikan-keunikan,
potensi budaya serta keindahan alam Indonesia untuk kegiatan promosi
produk perusahaan.
5.
PT.
SidoMuncul memiliki sistem yang kuat untuk dapat mengintegrasikan seluruh
kegiatan perusahaan dengan baik dan tepat.
6.
PT.
Sidomuncul memiliki SDM yang berkualitas untuk menghasilkan produk,
strategy marketing yang berkualitas dan terbukti dengan banyaknya penghargaan
yang diterima oleh perusahaan, seperti : Best Encouragement Product 2003, Solo
Customer Satisfaction Index 2003, Best Brand 2003, Kehati Award 2001 dan masih
banyak lagi penghargaan yang diterima oleh perusahaan.
·
Fungsi controlling
Fungsi pengendalian kualitas bahan baku yang dilakukan ialah :
Ø Pemisahan kotoran (penyortiran)
Ø Pemotongan, guna mempermudah proses penghalusan
Ø Pencucian kembali untuk memastikan bahan
benar-benar bersih
Ø Dikeringkan menggunakan oven
Ø Penyortiran bahan kering, bahan yang
berkualitaslah yang dipilih
Ø Masuk dalam pengamatan tim pengendali mutu,
guna memastikan sudahkah bahan baku memenuhi standar
4.
Lingkungan internal dan eksternal PT. Sido Muncul
A. Analisis Lingkungan Internal
1. Ringkasan profil
Sido Muncul bermula dari sebuah industri
rumahan pada tahun 1940, yang dikelola Ny Rahmat Sulistio di Yogyakarta dengan
hanya dibantu tiga karyawan, selanjutnya seiring dengan perkembangan jaman.
Pada tahun 1951 didirikan perusahaan sederhana dengan nama Sido Muncul yang
berarti “Impian yang terwujud” di Semarang. Dengan produk pertama dan andalan
adalah jamu Tolak Angin produk Ny. Rahmat mulai mendapat tempat di hati
masyarakat.
Dalam perkembangannya, pabrik ini tidak mampu
lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus
meningkat dan guna mengakomodasi permintaan pasar pabrik mulai dilengkapi
dengan mesin-mesin modern
Untuk mengantisipasi di masa mendatang dirasa
perlu untuk membantu pabrik yang lebih besar dan modern. Maka, pada tahun 1997
dimulai pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran.
Pabrik baru tersebut diresmikan oleh Menteri
Kesehatan dan Kesejahteraan Indonesia pada 11 November 2000.
Saat di resmikan, Sido Muncul mendapat dua
sertifikat, yaitu cara Pembuatan Obat Tradisional (CPOT) dan cara pembuatan
obat yang baik (CPOB) setara dengan farmasi. Sertifikat inilah yang menjadikan
Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi.
2. Professional
Perusahaan sido muncul mempunyai tenaga ahli
dari berbagai disiplin ilmu, konsultan yang ahli dibidangnya. Perusahaan
sidomuncul tidak ingin menghasilkan limbah yang dapat merusak alam, untuk
menangani limbah air dipasang instalasi pengolahan air lembah sehingga air
limbah dapat diolah menjadi air yang bisa digunakan untuk menyiram tanaman.
Sedangkan limbah padat dari buangan sisa ekstraksi akan diolah menjadi pupuk
organic yang bias digunakan untuk memupuk tanaman. Dengan upaya penanganan
limbah tersebut, diharapkan PT Sidomuncul menjadi perusahaan yang ramah lingkungan,
dan lokasi seputar pabrik menjadi asri karena tanaman tumbuh subur.
3. People/karyawan
Dalam meningkatkan produknya PT Sido Muncul
didukung oleh karyawan yang mempunyai keahlian sehingga menjadikan perusahaan
lebih berkonsentrasi dan inovatif . Untuk meningkatkan kemampuan para
karyawannya diberikan kesempatan mengikuti pelatihan kursus maupun seminar
sehingga seluruh karyawan dapat melakukan perbaikan dan pembaharuan.
Saat ini karyawan Sido Muncul berjumlah lebih
dari 2000 dengan tingkat pendidikan bervariasi dan ditempatkan sesuai keahlian,
kemampuan, dan kapasitas nya masing-masing.Seperti manajer, super visor,
karyawan produksi,dll.
Untuk mendukung pengembangan PT Sido Muncul
juga merekrut konsultan yang ahli dibidang nya,seperti apoteker, dokter umum,
dokter gigi, dokter spesialis.
4. Peran Public/masyarakat
sekitar
Diharapkan masyarakat dapat memberikan kritik
saran untuk mengembangkan produk-produk sidomuncul.
5. Fasilitas
Perusahaan sidomuncul memiliki fasilitas pabrik
yang lengkap. Fasilitasnya antara lain
1. Laboratorium
a. Laboratorium instrumentasi
b. Laboratorium farmakologi
c. Laboratorium formulasi
d. Laboratorium famakognost
e. Laboratorium stabilitas
f. Laboratorium kimia
2. Kebun percobaan dan budaya tanaman obat
3. Extraction centre
4. Pengolahan air bersih
5. Pengolahan air limbah
6. Perpustakaan
7. Klinik holistic.
Sumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai
agrowisata yang digunakan untuk mengoleksi tanaman dan perusahaan Sido muncul
merupakan perusahaan jamu pertama di Indonesia.
6. Penghargaan
Penghargaan yang diterima Sido Muncul Golden
Brand Award untuk produk Kuku Bima tahun n2005, penghargaan merk dagang
unggulan Indonesia 2003, meraih cakram aword untuk kategori pengiklanan terbaik
tahun 2002.
7.
Manajer-manajer yang
digunakan PT. Sido muncul
1.
Manajer pemasaran
2.
Manajer keuangan
3.
Manajer operasional
4.
Manajer personalia
5.
Manajer administrasi
6.
Manajer peneliti dan pengembangan
B.
Analisis Lingkungan Eksternal
1. Lingkungan Tugas
a. Pemasok
PT Sido Muncul, mendapatkan bahan baku
diperoleh dari pemasok luar/pengumpul dalam bentuk kering yang berasal dari
Wonogiri, Purwokerto, Purworejo, Ambarawa dan Jawa Timur. Bentuk bahan baku
berupa daun atau rimpang. Proses pembelian dilakukan setiap panen raya
b. Pesaing
Perusahaan-perusahaan pesaing perusahaan Sido
Muncul antara lain :
- PT Air Mancur
Produsen jamu dan kosmetika air mancur
- PT Industri jamu Borobudur
- PT jamu Iboe Jaya
- PT Industri jamu Jago
- PT jamu Indonesia Simona
- Dan lain-lain perusahaan farmasi
c. Perantara
Perusahaan Sido Muncul mempunyai banyak
distributor untuk memasarkan produknya kepada konsumen seperti :
- Toko obat
- Apotik
- Toko klontong
- Swalayan
- Warung jamu
- Asongan
- Dan toko kecil lainnya
d. Pelanggan
Perusahaan Sido Muncul telah mempunyai
pelanggan dari masyarakat kelas atas menengah dan kebawah karena biasanya
masyarakat lebih memilih produk herbal atau alami dari pada obat-obatan yang
mengandung zat kimia karena pada obat-obatan zat kimia akan menimbulkan efek
samping terhadap tubuh.
e. Publik
Jamu biasanya lebih banyak di konsumsi oleh
masyarakat pedesaan atau masyarakat tradisional karena jamu dibuat berdasarkan
pengalaman dari nenek moyang yang turun menurun. Sehingga perusahaan Sido
Muncul mengambil pengalaman tersebut kemudian memproduksi berbagai jenis jamu
yang dapat bermanfaat menyembuhkan penyakit tanpa menimbulkan efek samping.
2. Lingkungan Umum
a. Lingkungan
ekonomi
1) Ketidak seimbangan pasar terhadap harga
bahan baku menyebabkan produksi jamu tidak dapat memproduksi maju mundurnya
suatu usaha.
2) Besar kecilnya pajak yang wajib dikeluarkan
berdasarkan industri yang dibangun sangat mempengaruhi maju mundurnya suatu
usaha. Pajak yang dikenakan atas industri ini berupa PPh, PBB, Bea Cukai dan
lain-lain.
3) Beban biaya yang dikeluarkan claim dari
pajak antara lain retribusi, beban penggunaan listrik bagi industri, beban
angkut dan lain-lain.
b. Lingkungan alam
1) Bangkitnya gerakan lingkungan
2) Mengolah limbah menjadi limbang ramah
lingkungan
c. Lingkungan tehnologi
Tegnologi yang dimiliki perusahaan Sido Muncul
sangat mempengaruhi produk –produk yang dihasilkan. Perusahaan Sido Muncul di
pasaran mempunyai tempat yang bagus sehingga Sido Muncul sangat mempengaruhi peredaran
jamu di Indonesia.
d. Lingkungan politik
Setiap perusahaan pasti diatur oleh
undang-undang. Perusahaan sido muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang
berstandar farmasi UU RI no 7 tahun 1963 tentang farmasi, pasal 4 tentang
produksi dan distribusi perbekalan di bidang farmasi di tetapkan dengan
peraturan. Perundang-undangan misalkan tentang perihal impor/ekspor penyedia
obat-obatan ditetapkan dengan peraturan pemerintah. Hal-hal mengenai konsumsi
dan pekerjaan kerfarmasian diatur dengan peraturan menteri kesehatan.
e. Lingkungan kulturan
Perusahaan Sido Muncul dalam pembuatan
produk-produknya menggunakan bahan-bahan alami atau herbal dan mengolahnya
dengan tradisional.
5.Bagian
manajemen dan aktivitasnya
|
Analisis Strategi Pemasaran
PT Sido Muncul
Penjualan produk PT Sido Muncul diprediksikan
selama tahun ini meningkat sekitar 25% dibandingkan dengan tahun lalu,
sedangkan nilainya akan naik 35%, terkait dengan kenaikan harga sejumlah
produk.
Permintaan dari pasar dalam negeri yang cukup
baik membuat persentase ekspor produk Sido Muncul turun yakni hanya sebanyak 5%
dari seluruh produk yang dijual. Namun, dari segi volume, kinerja ekspor selama
tahun ini justru naik dua kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu."Pasar
ekspor masih bagus, tetapi permintaan di pasar domestik juga masih bertumbuh
dengan baik, sehingga kami tetap memfokuskan pasar lokal."
Untuk menarik konsumennya, PT Sido Muncul
mengeluarkan beberapa macam kemasan yang mudah dikenali dan diingat oleh
masyarakat. Di samping itu kemasan dari produk produk PT sidomuncul sangatlah
praktis untuk di gunakan oleh konsumenya. Dengan adanya variasi warna pada
kemasan bungkus produk mereka, masyarakat lebih antusias untuk mengkonsumsi
produk mereka.
PT sidomuncul menawarkan berbagai macam produk
dengan harga yang bervariasi dan terjangkau. Dan dapat dinikmati oleh berbagai
konsumen. Dengan harga yang terjangkau tentu saja Produk-Produk dari PT
sidomuncul dapat di temukan di mana saja. Karena produk mereka lebih menekankan
kepada produk tradisional (jamu) namun di kelola secara modern
|
Pemasaran yang dilakukan atau
Marketing Mix
Dilakukan melalui penyaluran ke agen-agen.PT Sidomuncul memiliki 4
konsep pemasaran yaitu (product,promotion,price and place).Di PT Sido Muncul
apabila ada produk yang tidak terjual di gudang sementara sudah mendekati masa
ED (expired data) atau sudah ED maka perusahaan akan segera menukarkan kembali
ke kantor pusat dengan produk baru yang sejenis dalam jumlah yang sama.
|
Alternatif Strategi
pemasaran
PT Sido Muncul hendaknya menggunakan S
(Strenghth) untuk mengatasi T (Threatment), sehingga PT Sido Muncul melakukan
difersifikasi produk.
Hal ini selaras dengan strategi yang telah
digunakan PT Sido Muncul saat ini, yaitu dengan cara memproduksi berbagai
produk diantaranya :
1. Kuku Bima (8 macam)
2. Tolak Angin (3 Macam)
3. Permen (2 Macam)
4. Jamu Tradisional (56 macam)
5. Jamu Komplit Instan (4 macam)
6. Jamu Komplit (6 macam)
7. Food Suplemen (34 macam)
8. Minuman Kesehatan (17 macam)
|
Penerapan STP dalam Sido
Muncul
Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi marketing (segmenting,
targeting, positioning) yang dilakukan Tolak Angin cair dan persepsi konsumen
berkiatan dengan penerapan strategi tersebut. Metode Penelitian yang digunakan
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif pada perusahaan dan
kuantitatif pada konsumen sido muncul
A.SEGMENTING
Perusahaan melakukan
segementasi untuk masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan, modern,
berpendidikan tinggi, kelas sosial menengah keatas dan gaya hidup tinggi.
B.TARGETING
Target pasar model, artis, kalangan
akademisi, mahasiswa, anak muda etnis Tionghoa, orang yang memiliki prestasi
dibidangnya, pengusaha ataupun karyawan kantor
C.POSITIONING
Memposisikan produk yang simpel dan praktis dimana
konsumennya adalah orang yang menyukai jamu bukan karena rasa dan ritualnya
tetapi manfaatnya.
|
Analisis SWOT
1. Ringkasan SWOT
a. Strength
1.
Keahlian dalam inovasi produk
2.
Produksi rendah biaya
3.
Jangkauan distribusi luas
4.
Kecepatan dalam menjangkau konsumen
5. Brand
yang sudah terkenal
6. SDM yang handal
PT Sidomuncul di dukung lebih dari 2000
karyawan dengan tingkat pendidikan yang bervariasi dan ditempatkan sesuai
dengan keahliannya serta Sido Muncul juga memiliki tenaga ahli juga memiliki
tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu.
7. Fasilitas pabrik yang lengkap
Dengan standar pabrik CPOB (Standar Pabrik
Farmasi) maka Sido Muncul memiliki berbagai fasilitas guna mendukung produksi.
8. Merupakan perusahaan jamu terbesar di
Indonesia
Sido Muncul merupakan pabrik jamu terbesar yang
ada di Indonesia dan merupakan pionir bagi pabrik jamu lainnya.
9. Distribusi tersebr di seluruh wilayah
Indonesia
Sido muncul berhasil menarik pelanggan di
seluruh wilayah di Indonesia, baik daerah perkotaan maupun pedesaan maka dari itu
distribusi produk Sido Muncul juga menyeluruh hingga ke seluruh wilayah
Indonesia.
10. Produk terjangkau
Harga dari produk PT Sido Muncul sangat
terjangkau pada seluruh lapisan masyarakat.
b. Weakness
1.
Terlalu banyak Brand yang dikeluarkan
2. Permintaan
pasar yang belum terpenuhi
3. Beberapa tahun lalu bintang iklan PT Sido
Muncul menggunaka Sophia Latjuba yang kemudian terjaddi masalah pribadi (antara
Sophia Latjuba dan kekasihnya yang berasal dari Amerika) sehingga menyebabkan
iklan itu jarang muncul di TV tetapi sudah diselesaikan dengan menggunakan
bintang iklan yang baru
4. PT Sido Muncul belum mempunyai alat untuk
mengeringkan bahan baku sehingga hanya mengandalkan cara tradisional (matahari)
sehingga pada musim hujan pengeringan tidak sempurna. Untuk mengatasi masalah
tersebut PT Sido Muncul mengambil bahan baku dari pengumpul.
c. Opportunity (Kesempatan)
1.
Melakukan ekspansi ke luar negeri
2.
Melakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis
3.
Melakukan diversifikasi terhadap produk lain
4. Teknologi
Diera modern ini dibutuhkan peralatan/teknologi
yang canggih untuk mendukung proses kerja yang dituntut serba cepat dan
higienis karena PT Sido Muncul yang merupakan pabrik berstandar pabrik farmasi
memiliki fasilitas laboratorium, pengolahan air bersih, pengolahan air limbah.
5) Selera masyarakat
Perubahan gaya hidup serba instant membuat
masyarakat kembali kepada produk-produk herbal (obat-obatan tradisional),
karena dirasa produk-produk herbal dapat memberikan banyak manfaat dan tidak
menimbulkan efek samping. Hal ini sejalan dengan misi PT Sido Muncul
6) Menjadi sponsor dalam berbagai promosi
kesehatan
Dengan menjadi salah sati sponsopr dalam
berbagai kegiatan promosi kesehatan dapat membentuk suatu image yang bagus.
d. Threatment/ancaman
1. Pesaing
Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun
inovasi
(a)
Karena kini slera masyarakat banyak yang beralih kepada obat-obat tradisional,
menyebabkan permintaan akan produk-produk herbal terus meningkat, sehingga PT
Sido Muncul yang merupakan perusahaan jamu pertama kali di Indonesia menjadi
besar dan berkembang dan tidak heran jika saat ini banyak pesaing-pesaing yang
mencoba mendirikan perusahaan obat tradisional dan tidak tanggung-tanggung
mencoba untuk menjatuhkan image produk Sido Muncul dengan cara “Memlesetkan”
salah satu iklan dari PT Sido Muncul.
(b) Jamu-jamu bahan kimia obat (BKO) yang
merebak di Indonesia saat ini (ex : Koperasi perusahaan jamu BKO di Cilacap)
menjadi sebuah persaingan yang tidak sehat di industri jamu,
perusahaan-perusahaan tersebut hanya mencari keuntungan semata, dan tidak
memikirkan bahayanya terhadap konsumen.
2. Tidak
fokus terhadap satu jenis produk
3. Krisis ekonomi
Ditengah krisis ekonomi saat ini menyebabkan
kondisi bahan-bahan baku produk tidak stabil, pembiayaan proses produksi,
distribusi dan lain-lain menjadi semakin mahal, karenanya dibutuhkan solusi
yang tepat bagi PT Sido Muncul untuk menyiasati kondisi seperti ini.
|
Penerapan 4P dalam PT.Sido
Muncul
a. Produk
Sido muncul memproduksi berbagai macam produk
yang beredar di pasaran, diantaranya :
- Jamu
- Jamu insntan
- Food supplement
- Dan lain-lain
b. Price/harga
Harga produk-produk sido muncul sangat
terjangkau oleh semua lapisan masyarakat
c. Place/tempat
Tempat produksi produk-produk sidomuncul berada
di pabrik sidomuncul yang beralamat di jalan Soekarno Hatta km 28 Kecamatan
Bergas – Klepu Semarang, Indonesia.
Distribusi produk-produk Sidomuncul terjangkau
di seluruh Indonesia di perkotaan maupun di pedesaan.
d. Promotion/promosi
Sidomuncul melakukan promosi dengan melakukan :
- Publikasi
Lewat audio
Lewat visual
Lewa audio visual
- Promosi penjualan
Dengan memberikan diskon
- Bantuan social
- Seminar kesehatan
- Sponsor dari berbagai macam acara. Contohnya
di acara inbox, Thomas cup dan uber cup.
Budaya perusahaan sidomuncul apa yaa?
BalasHapusbudaya perusahaan sidomunculnya apa?
BalasHapus